KINERJA PIMPINAN JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI : TEORI, KONSEP DAN KORELATNYA

Purba, Sukarman (2010) KINERJA PIMPINAN JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI : TEORI, KONSEP DAN KORELATNYA. Laksbang PRESSindo, Yogyakarta. ISBN 978-979-26-8521-0

[thumbnail of Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perguruan tinggi memiliki visi dan misi dalam mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan nasional. Untuk merealisasi pencapaian visi dan misi tersebut, maka peran pimpinan dituntut memiliki kemampuan manajemen dalam melaksanakan dan mengelola sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Pimpinan Jurusan dalam suatu institusi pendidikan bertanggungjawab dalam merencanakan dan mengelola penyusunan program kerja, pengaturan proses belajar mengajar, pelaksanaan penilaian proses hasil belajar, bimbingan dan penilaian bagi dosen serta tenaga kependidikan lainnya. Kecuali itu juga bertanggungjawab dalam merencanakan dan menyelenggarakan administrasi yang meliputi administrasi ketenagaan, keuangan, kesiswaan, perlengkapan dan kurikulum, pelaksanaan hubungan kerjasama fakultas dengan lingkungan dan/atau masyarakat.Fungsi utama seorang pimpinan jurusan dalam suatu lembaga atau institusi adalah memantapkan visi organisasi dan mengkomunikasikannya kepada anggota. Dengan demikian, peran seorang pimpinan jurusan di perguruan tinggi sangat dominan dalam mempengaruhi orang lain untuk mau bekerjasama dalam mencapai tujuan yang diharapkan tanpa perasaan terpaksa sesuai dengan harapan masyarakat dan mutu yang diinginkan. Pengaruh ini berlangsung secara berkelanjutan untuk mewujudkan sasaran pendidikan, sehingga kinerja perguruan tinggi meningkat dan terlihat dari mutu lulusannya.

Item Type: Book
Keywords: Kiinerja; Kultur organisasi; Sumber daya manusia; Modal intelektual; Perilaku inovatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Mar 2016 07:01
Last Modified: 17 Jun 2016 08:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1612

Actions (login required)

View Item
View Item