Sianturi, Yahni Tri Putri (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN UNSUR-UNSUR NOVEL DENGAN HIKAYAT OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PARBULUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311077 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2113311077 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (661kB) | Preview
2113311077 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
2113311077 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
2113311077 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
2113311077 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
2113311077 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2113311077 BAB I.pdf - Published Version
Download (604kB) | Preview
2113311077 BAB V.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
2113311077 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Explicit Instruction terhadap kemampuan membandingkan unsur-unsur novel dengan hikayat oleh siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Parbuluan tahun pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 35 orang. Sampel penelitian ini adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 183 orang siswa. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test and post-test desaing. Dari pengolahan data diperoleh hasil kemampuan membandingkan unsur-unsur novel dengan hikayat sebelum menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dengan rata-rata 60, standar deviasi 9,38, dengan berkategori sangat baik 0% berkategori baik 14%, berkategori cukup 23%, berkategori kurang 40%, dan berkategori sangat kurang 23%. Sedangkan hasil kemampuan membandingkan unsur-unsur novel dengan hikayat setelah menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction diperoleh rata-rata 76, standar deviasi 9,89, dengan berkategori sangat baik 26%, berkategori baik 43%, berkategori cukup 11%, berkategori kurang 20%, dan berkategori sangat kurang 0%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah t_(o )sebesar 6,89 ; setelah t_o diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan t_(tabel ), pada taraf signifikan 5% = 2,03, karena t_o yang diperoleh lebih besar dari t_tabel yaitu 1,80>2,03, hipotesis alternatif (H_a) diterima. Berdasarkan anailisis data di atas dapat disimpulkan model pembelajaran Explicit Instruction berpengaruh positif terhadap kemampuan membandingkan unsur-unsur novel dengan hikayat oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parbuluan tahun pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 194 |
Keywords: | Model Explicit Instruction; Membandingkan Unsur-unsur Novel dengan Hikayat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PR English literature > PR750 Prose > PR821 Prose fiction. The novel |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 08:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15651 |