Oppusunggu, Tri Wulanry (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111088 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2113111088 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (642kB) | Preview
2113111088 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
2113111088 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
2113111088 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
2113111088 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
2113111088 TABLES.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2113111088 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
2113111088 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
2113111088 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pematangsiantar sebanyak 234 orang dan sampel diambil secara acak sebanyak 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post test design. Intrumen yang digunakan adalah tes menulis cerpen. Nilai rata-rata post test adalah 70,75, sedangkan nilai pre test adalah 64,25. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata menulis cerpen setelah perlakuan lebih tinggi daripada nilai sebelum perlakuan. Uji homogenitas berdasarkan tabel distribusi F pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk pembilang dan dk penyebut 32, diperoleh Ftabel yaitu 1,82 dan Fhitung 1,03. Dapat disimpulkan bahwa Fhitung < Ftabel yakni 1,03 < 1,82. Hal ini memenuhi syarat untuk dilakukan uji homogenitas. Sesudah t0 diketahui, maka nilai tersebut akan dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1 = 32-1 = 31 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 2,04. Berdasarkan nilai t0 dan ttabel di atas, maka dapat diketahui bahwa t0 > ttabel yakni 3,08 >2,04. Dengan demikian, Hipotesis nihil (Ho) yang mengatakan bahwa tidak ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan siswa menulis cerita pendek ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang mengatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis cerita pendek diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh positif dalam menulis cerita pendek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 134 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Proyek; Kemampuan Menulis Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15642 |