Syofiandi (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS TANGGAPAN DESKRIPTIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111071 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2103111071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (669kB) | Preview
2103111071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
2103111071 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2103111071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
2103111071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
2103111071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2103111071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2103111071 BAB I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
2103111071 BAB V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
2103111071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Berastagi Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 316 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas VII-1 yang berjumlah 36 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes esai. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII SMP Negeri 2 Berastagi Tahun Pembelajaran 2014/2015 sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis proyek termasuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 65,27, standar deviasi = 6,82 sedangkan kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII SMP Negeri 2 Berastagi Tahun Pembelajaran 2014/2015 sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 78, standar deviasi = 7,53. Dari uji data didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogeny. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 7,44. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan table t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=36-1=35 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,03, karena to yang diperoleh lebih besar dari table yaitu 7,44 > 2,03, maka hipotesis diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII SMP Negeri 2 Berastagi Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 097 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Proyek; Teks Tanggapan Deskriptif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15640 |