Hasibuan, Sri Mahyuni (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP SWASTA ISTIQLAL DELITUA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111084 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2113111084 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2113111084 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
2113111084 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
2113111084 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
2113111084 TABLE.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2113111084 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2113111084 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
2113111084 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
2113111084 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
2113111084 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis puisi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Istiqlal Delitua tahun pembelajaran 2014/2015. Untuk penelitian tersebut diambil kelas VII-1 yang berjumlah 30 siswa. Sampel diambil dari pupulasi yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan data dilakukan dengan penarikan sampel secara purposive sampling.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan design one group pre-test and post-test. Dalam penelitian ini, kelas eksperimen diberi tes kemampuan menulis puisi sebelum dan sesudah menggunakan model picture and picture. Dari distribusi data yang diperoleh: 1) kelompok pre-test memiliki rata-rata 60,3 dengan standar deviasi 9.17; dan 2) kelompok post-test memiliki rata-rata 77.6 dengan standar deviasi sebesar 6.79. Hasil perhitungan uji normalitas diperoleh: 1) kelompok pre-test memperoleh harga Lh (Lhitung) = 0.084 dan Ltabel = 0.161. Ternyata Lhitung < Ltabel yaitu 0.084 < 0.161. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan model pembelajaran picture and picture berdistribusi normal; dan 2) kelompok post-test memperoleh harga Lh (Lhitung) = 0.154 dan Ltabel = 0.161. Ternyata Lhitung < Ltabel 0.154 < 0.161. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture berdistribusi normal.Hasil perhitungan uji hipotesis dengan Tabel t pada taraf signifikan α =0,05 dengan df = N-1, df= 30-1 = 29 pada taraf nyata α = 5% = 2,04. Karena Thitung > Ttabel, yaitu 10,13 > 2,045, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.Berdasarkan pengujian hipotesis di atas, dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh dalam menggunakan model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Swasta Istiqlal Delitua Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 191 |
Keywords: | Model Pembelajaran Picture and Picture; Menulis Puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15636 |