Zahara, Siti (2015) HUBUNGAN PENGUASAAN TEORI DRAMA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA DARI TEKS CERPEN SISWA KELAS XI MAN LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
208111082 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
208111082 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
208111082 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
208111082 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
208111082 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
208111082 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
208111082 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
208111082 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
208111082 BAB I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
208111082 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
208111082 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan teori drama siswa dan kemampuan menulis naskah drama dari teks cerpen siswa kelas XI MAN Lubuk Pakam tahun tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 303 siswa. Dari 303 siswa, ditetapkan sampel sebanyak 33 siswa yang diambil secara acak (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes pilihan berganda dan uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan product moment. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam penguasaan teori drama masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 70,32. Sedangkan kemampuan siswa menulis naskah drama dari teks cerpen masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 73,48. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (0,706) > ttabel (0,344) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima, yang artinya ada hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan teori drama dengan kemampuan menulis naskah drama dari teks cerpen siswa kelas XI MAN Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2014/2015. Hal ini menunjukkan bahwa penguasaan teori drama memiliki hubungan yang posotif dan signifikan dengan kemampuan menulis naskah drama, dan kemampuan menulis naskah drama menjadi lebih baik dengan menggunakan teks cerpen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 162 |
Keywords: | Teori Drama; Menulis Naskah Drama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15632 |