Sitorus, Rosmindo (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL DAN INTELEKTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TANAH JAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111075 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2113111075 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
2113111075 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
2113111075 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2113111075 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
2113111075 TABLES.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
2113111075 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
2113111075 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
2113111075 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2113111075 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanah Jawa T.P. 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanah Jawa sebanyak 253 orang dan pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre test post test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis cerpen. Nilai rata-rata setelah perlakuan (post test) adalah 72,07, sedangkan nilai sebelum perlakuan (pre test) adalah 66,85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata menulis cerpen siswa setelah perlakuan lebih tinggi daripada nilai sebelum perlakuan. Pengujian hipotesis thitung = 3,07 kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5 % = 2,02. Karena thitung = 3,07 ˃ ttabel = 2,02 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) mempengaruhi kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanah Jawa T.P. 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 123 |
Keywords: | Model Pembelajaran SAVI; Kemampuan Menulis; Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 06:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15622 |