PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL DAN INTELEKTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TANAH JAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Sitorus, Rosmindo (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL DAN INTELEKTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TANAH JAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2113111075 COVER.pdf]
Preview
Text
2113111075 COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 2113111075  APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2113111075 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (615kB) | Preview
[thumbnail of 2113111075 PREFACE.pdf]
Preview
Text
2113111075 PREFACE.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 2113111075 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
2113111075 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 2113111075 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
2113111075 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 2113111075 TABLES.pdf]
Preview
Text
2113111075 TABLES.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 2113111075 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
2113111075 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 2113111075 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
2113111075 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview
[thumbnail of 2113111075 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
2113111075 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 2113111075 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
2113111075 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanah Jawa T.P. 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanah Jawa sebanyak 253 orang dan pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre test post test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis cerpen. Nilai rata-rata setelah perlakuan (post test) adalah 72,07, sedangkan nilai sebelum perlakuan (pre test) adalah 66,85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata menulis cerpen siswa setelah perlakuan lebih tinggi daripada nilai sebelum perlakuan. Pengujian hipotesis thitung = 3,07 kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5 % = 2,02. Karena thitung = 3,07 ˃ ttabel = 2,02 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) mempengaruhi kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanah Jawa T.P. 2014/2015

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 IND 123
Keywords: Model Pembelajaran SAVI; Kemampuan Menulis; Cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 07 Sep 2016 06:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15622

Actions (login required)

View Item
View Item