Gesima, Putri Septia (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM CERPEN OLEH SISWA KELAS X SMA MARISI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111061 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2113111061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (866kB) | Preview
2113111061 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
2113111061 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
2113111061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
2113111061 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2113111061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2113111061 BAB I.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
2113111061 BAB V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
2113111061 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen oleh siswa kelas X SMA Marisi Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Marisi Medan yang berjumlah 290 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-III yang berjumlah 37 orang. Dalam menentukan jumlah sampel dilakukan dengan teknik random sampling atau acak kelas.Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan berganda. Nilai rata-rata pre-test adalah 65,81 , sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 78,1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi daripada nilai pre-test.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t�. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 14,6 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = n-1 = 37-1 = 36. Dari df = 36 diperoleh taraf signifikansi sebesar 2,028. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa t0 > ttabel , yakni 14,6 > 2,028. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima.Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap kemampuan men
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 218 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kontekstual, Nilai-Nilai Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 05:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15611 |