Aritonang, Puteri Sion (2015) PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PERBAUNGAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311055 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2113311055 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (583kB) | Preview
2113311055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
2113311055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
2113311055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
2113311055 TABLE.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2113311055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2113311055 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
2113311055 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
2113311055 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
2113311055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran gambar terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Perbaungan. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design yaitu model eksperimen semu yang melibatkan perlakuan berbeda terhadap satu kelas yang sama. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Perbaungan tahun pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 241 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 37 orang, yakni kelas VII-3 untuk kelas pre-test dan post-test. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik acak kelas atau random sampling class. Instrumen atau alat pengumpul data yang digunakan adalah tes esai. Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh, data pre-test memperoleh rata-rata sebesar 63,51 dan standar deviasi sebesar 8,37 sedangkan data post-test memperoleh rata-rata sebesar 75,40 dan standar deviasi sebesar 8,41. Berdasarkan uji normalitas data pre-test diperoleh Lhitung< Ltabel yaitu 0,11<0,14 maka dapat dinyatakan bahwa data pre-test berdistribusi normal. Sedangkan, uji normalitas yang dilakukan pada data post-test diperoleh Lhitung< Ltabel yaitu 0,10<0,14 hal ini menunjukkan bahwa data post-test berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas variabel penelitian diperoleh nilai Fhitung< Ftabel pada taraf signifikansi α = 0,05 yaitu 1,00<2,17, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sampel homogen.Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan maka diperoleh thitung sebesar 17,9 setelah thitung diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan dk = (n-1) = 37-1= 36, dari dk 36 diperoleh ttabel pada taraf signifikansi 5%=2,02. thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 17,9>2,02, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti media gambar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 165 |
Keywords: | Media gambar;kemampuan menulis;teks eksplanasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 05:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15610 |