Simbolon, Peronika (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP SWASTA KARYA MURNI SIDIHONI T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
208111070 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
208111070 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (910kB) | Preview
208111070 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
208111070 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
208111070 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
208111070 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
208111070 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
208111070 BAB I.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
208111070 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
208111070 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Swasta Karya Murni Sidihoni tahun pembelajaran 2014/2015, yang berjumlah 111 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 37 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu kelas acak yang dijadikan wakil populasi untuk diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre - test Post – test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen . Pengukuran yang dilakukan sebelum eksperimen disebut pre-test dan pengukuran yang dilakukan setelah eksperimen disebut post-test.Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test 65,81, standar deviasi 9,99, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 70 sebanyak 8 orang atau sekitar 23%. Nilai rata-rata post test 78,1, standar deviasi 8,5, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 80 sebanyak 9 orang atau sekitar 24,32%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, maka diketahuilah to= 5,96. Selanjutnya to dikonsultasikan dengan tabel 1 pada taraf signifikasi 5% dengan df= n-1 =37-1=36 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 2,00. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan maka dapat diketahui to> ttabel, yakni 5,96>2,00. Dengan demikian Ha(Hipotesis Alternatif) diterima. Ha in imembuktikan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Swasta Karya Murni Sidihoni.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 166 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri; Menulis Teks Deskripsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 05:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15608 |