PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK HIKAYAT SI MISKIN SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Sitompul, Novri Yanti (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK HIKAYAT SI MISKIN SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2113111058 COVER.pdf]
Preview
Text
2113111058 COVER.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 2113111058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2113111058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (774kB) | Preview
[thumbnail of 2113111058 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2113111058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 2113111058 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2113111058 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 2113111058 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
2113111058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[thumbnail of 2113111058 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
2113111058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 2113111058 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
2113111058 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 2113111058 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
2113111058 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 2113111058 BAB I.pdf]
Preview
Text
2113111058 BAB I.pdf - Published Version

Download (918kB) | Preview
[thumbnail of 2113111058 BAB V.pdf]
Preview
Text
2113111058 BAB V.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 2113111058 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
2113111058 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Divisions (STAD) terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik hikayat "Si Miskin" siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu atau quasi experimental research. Desain penelitian yang digunakan adalah two group post-test design yaitu model eksperimen yang melibatkan perlakuan berbeda terhadap dua kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 456 siswa. Berdasarkan jumlah populasi tersebut maka ditetapkan sampel sebanyak 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa kelas eksperimen (variabel X) dan 40 siswa kelas kontrol (variabel Y). Pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan menggunakan teknik bertujuan atau purposive sampling. Instrumen atau alat pengumpul data yang digunakan adalah tes pilihan berganda. Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh, variabel X memperoleh rata-rata sebesar 87,375 dan standar deviasi sebesar 7,825 sedangkan variabel Y memperoleh rata-rata sebesar 79,5 dan standar deviasi sebsar 8,652. Berdasarkan uji normalitas data variabel eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,1382 < 0,14 maka dapat dinyatakan bahwa data variabel X berdistribusi normal. Sedangkan uji normalitas yang dilakukan pada variabel kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,130 < 0,14 hal ini menunjukkan bahwa data variabel Y berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas variabel penelitian diperoleh nilai Fhitung < Ftabel pada taraf signifikansi α = 0,05 yaitu 1,213 < 1,705 , dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sampel homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan maka diperoleh to sebesar 4,278 setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (n1+n2-2) = 40+40“2= 78, dari dk 78 diperoleh ttabel pada taraf signifikansi 5% = 1,993. karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 4,278 > 1,993, maka hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Divisions (STAD) lebih berpengaruh daripada model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik hikayat "Si Miskin" siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 IND 093
Keywords: Penerapan; Model Pemberajaran STAD; Identifikasi; Intrinsik; Hikayat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 07 Sep 2016 04:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15598

Actions (login required)

View Item
View Item