Putri, Nanda Tri (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANDAR KAB. SIMALUNGUN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311049 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2113311049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
2113311049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
2113311049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2113311049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
2113311049 TABLES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2113311049 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2113311049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
2113311049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
2113311049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Kreatif-Produktif terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa SMA Negeri 1 Bandar tahun pembelajaran 2014/2015. Untuk menjawab permasalahan penelitian ini, data penelitian diambil dari 360 populasi dengan sampel 32 orang.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode one group pre-test dan post-test, yang dilaksanakan pada satu kelas sebelum menggunakan strategi Kreatif-Produktif, dan sesudah menggunaka strategi Kreatif-Produktif. Alat atau instrumen penelitian ini adalah test unjuk kerja. Dari perhitungan analisis data, diketahui bahwa nilai rata-rata pre-test adalah 62,5, sedangkan nilai rata-rata post-test dan standar deviasi 74,5. Dengan demikian, diketahui bahwa nilai rata-rata pada post-test lebih tinggi dibanding nilai rata-raata paada pre-test.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji . Dari perhitungan uji hipotesis, diperoleh thitung = 9,25, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan derajat kebebasan (dk) = n – 1, dk = 32-1=31, diperoleh taraf signifikasi 5% sebesar = 2,04. Kriteria pengujian adalah ditolak jika t0> tt dan H0 diterima jika t0< tt. dari hasil pengujian, terbukti bahwa t0 (9,25) > tt (2,04) pada ɑ = 0,05. Ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa Ha (hipotesis alternatif), yakni “kemampuan menulis naskah drama siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kreatif-produktif lebih baik daripada kemampuan menulis naskah drama siswa yang tidak mengguanakan strategi pembelajaran kreatif-produktif dengan demikian diterima.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Kab. Simalungun Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 118 |
Keywords: | Strategi; Kreatif-Produktif; Menulis; Naskah Drama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15594 |