Irwanda, Koko (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANA BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
208311059 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
208311059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (529kB) | Preview
208311059 PREFACE.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
208311059 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
208311059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
208311059 TABLES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
208311059 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
208311059 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
208311059 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
208311059 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
208311059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis pantun pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Medan tahun ajaran 2014/2015.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 9 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 360 siswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 40 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes essay dalam bentuk penugasan menulis pantun. Teknik analisis data menggunakan uji beda atau uji-t pada taraf α = 0,05.Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test 73,35, standar deviasi 8,41, Nilai rata-rata pos-test 83,43, standar deviasi 8,98. Hasil uji normalitas diperoleh nilai Lhitung < Ltabel yaitu Lhitung=0,1386 < Ltabel=0,1401 (normal). Hasil uji homogenitas data kedua kelas diperoleh nilai Fhitung < Ftabel yaitu Fhitung=1,14 < Ftabel=1,70 (homogen). Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh Thitung > Ttabel yaitu Thitung= 5,57 > Ttabel= 2,02 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan menulis pantun pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Medan tahun pembelajaran 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 164 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah;Kemampuan Menulis Pantun |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15576 |