Zein, Khairunnisa (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PANGKALAN BERANDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
208311058 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
208311058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
208311058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
208311058 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
208311058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
208311058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
208311058 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
208311058 BAB I.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
208311058 BAB V.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
208311058 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangkalan Berandan tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 261 siswa. Dari 261 siswa, ditetapkan sampel sebanyak 26 siswa yang diambil secara acak (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji .Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur kompleks sebelum menggunakan model pembelajaran problem based learning masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 57,11. Sedangkan kemampuan siswa menulis teks prosedur kompleks sesudah menggunakan model pembelajaran problem based learning masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 76,34. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (4,24) > ttabel (1,70) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian 0 ditolak dan diterima, yang artinya ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangkalan Berandan tahun pembelajaran 2014/2015.Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis teks prosedur kompleks sesudah menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan model pembelajaram problem based learning, dan proses pembelajaran sesudah menggunakan model pembelajaran problem based learning berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 182 |
Keywords: | Problem Based Learning; Teks Prosedur Kompleks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 03:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15574 |