APPENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHAD KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA KATOLIK ASSISI PEMATANG SIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Hutagalung, Junita Kristalina (2015) APPENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHAD KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA KATOLIK ASSISI PEMATANG SIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2112111004 COVER.pdf]
Preview
Text
2112111004 COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2112111004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2112111004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 2112111004 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2112111004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 2112111004 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2112111004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 2112111004 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
2112111004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 2112111004 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
2112111004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 2112111004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
2112111004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 2112111004 BAB I.pdf]
Preview
Text
2112111004 BAB I.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of 2112111004 BAB V.pdf]
Preview
Text
2112111004 BAB V.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 2112111004 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
2112111004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur kompleks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Katolik Assisi dengan jumlah 175 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data tes tertulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji . Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test = 55,68, standar deviasi = 15,89, digolongkan pada kategori baik = 25%, kategori cukup = 36,6 %, kategori kurang = 18% dan kategori sangat kurang = 20,4%. Nilai rata-rata post-test = 74,20, standar deviasi = 10,65 dan dikategorikan pada kategori sangat baik = 22,7%, baik = 45,5%, dan cukup = 31,9 %. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 7,65. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df= N-1, yakni 44-1=43. Dari df 43 diperoleh taraf signifikansi 5%= 2,02. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 7,65 > 2,02 dengan demikian hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Berbasis Masalah berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas X SMA Swasta Katolik Assisi tahun pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi para pelaksana dan penyelenggara pendidikan khususnya pada tingkat Sekolah Menengah Atas pada kelas X, guru, kepala sekolah, dan peneliti lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 IND 067
Keywords: menulis; teks prosedur kompleks; model pembelajaran berbasis masalah; pengaruh; kemampuan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 07 Sep 2016 02:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15572

Actions (login required)

View Item
View Item