Sijabat, Friani Herlinda Br (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MERINGKAS TEKS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111034 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2113111034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (738kB) | Preview
2113111034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2113111034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
2113111034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
2113111034 TABLES.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
2113111034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
2113111034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
2113111034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (618kB) | Preview
2113111034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
2113111034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan meringkas teks cerita pendek oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Binjai. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Binjai yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 324 siswa. Berdasarkan jumlah populasi tersebut maka ditetapkan sampel sebanyak 36 siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik sampel bertujuan atau purposive sample. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one gruop pre-test post-test design yaitu model eksperimen yang melibatkan perlakuan berbeda terhadap satu kelas yang sama. Instrumen atau alat pengumpul data yang digunakan adalah tes esai. Nilai rata-rata pre-test adalah 63,80, sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 76,72. Nilai rata-rata pre-test tergolong dalam kategori kurang, dan nilai rata-rata post-test tergolong dalam kategori baik.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t�. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 6,49 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = n-1 = 36-1 = 35. Dari df = 35 diperoleh taraf signifikansi sebesar 2,03. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa t0 > ttabel , yakni 6,49 > 2,03. Dengan demikian, hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti model pembelajaran inkuiri berpengaruh signifikan terhadap kemampuan meringkas teks cerita pendek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 199 |
Keywords: | model pembelajaran inkuiri; meringkas teks cerita pendek |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15562 |