Lubis, Fitri Andriani (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ISTIQLAL DELITUA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2112111003 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2112111003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (992kB) | Preview
2112111003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2112111003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
2112111003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
2112111003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2112111003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
2112111003 BAB I.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
2112111003 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2112111003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap kemampuan menulis teks berita. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Istiqlal Delitua tahun pembelajaran 2014/2015. Untuk penelitian tersebut diambil kelas VIII-2 yang berjumlah 30 siswa. Sampel diambil dari populasi yang terdiri dari 5 kelas. pengambilan data dilakukan dengan penarikan sampel secara acak (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan design one group pre-tes and post tes. Dalam penelitian ini, kelas eksperimen diberi tes kemampuan menulis teks berita sebelum dan sesudah menggunakan model examples non examples. Dari distribusi data yang diperoleh: 1) kelompok pre-test memiliki rata-rata 63.3 dengan standar deviasi 7.34; dan 2) kelompok post-test memiliki rata-rata 78.6 dengan standar deviasi sebesar 5.58.Hasil perhitungan uji normalitas diperoleh: 1) kelompok pre-test memperoleh harga Lh (Lhitung) = 0.1090 dan Ltabel = 0.1610. ternyata Lhitung< Ltabel yaitu 0.1090 < 0.1610. hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis teks berita tanpa menggunakan model pembelajaran examples non examples berdistribusi normal; dan 2) kelompok post-test memperoleh harga Lh (Lhitung) = 0.1168 dan Ltabel = 0.1610. ternyata Lhitung< Ltabel yaitu 0.1168 < 0.1610. hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples berdistribusi normal.Hasil perhitungan uji hipotesis dengan Tabel t pada taraf signifikan α = 0.05 dengan df = N-1, df= 30-1 =29 pada taraf nyata α = 5% = 2.04. karena Thitung > Ttabel, yaitu 25.86> 2.04, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Berdasarkan pengujian hipotesis di atas, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dalam menggunakan model pembelajaran examples non examples terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Swasta Istiqlal Delitua Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 174 |
Keywords: | Model pembelajaran examples non examples, menulis teks berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699 Journalism. The periodical press, etc. |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 01:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15561 |