PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Lubis, Evi Ernawati (2015) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2113111030 COVER.pdf]
Preview
Text
2113111030 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 2113111030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2113111030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (570kB) | Preview
[thumbnail of 2113111030 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2113111030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 2113111030 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2113111030 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 2113111030 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
2113111030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 2113111030 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
2113111030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 2113111030 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
2113111030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 2113111030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
2113111030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 2113111030 BAB I.pdf]
Preview
Text
2113111030 BAB I.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[thumbnail of 2113111030 BAB V.pdf]
Preview
Text
2113111030 BAB V.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 2113111030 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
2113111030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan memahami teks eksplanasi siswa kelas VII. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Perbaungan yang terdiri dari 6 kelas. Dengan menggunakan teknik random sampling (teknik acak), ditetapkanlah kelas VII-2 yang berjumlah 42 siswa sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan dalah tes pilihan berganda. Berdasarkan uji normalitas data variabel X, diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,0842 < 0,1367 yang menunjukkan bahwa uji normalitas berdistribusi normal. Sedangkan uji normalitas variabel Y, Lhitung < Ltabel yaitu 0,1347 < 0,1367 yang menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel atau 1,247 < 1,731 sehingga dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari kelompok yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas diketahui maka diperoleh to sebesar 3,17. Selanjutnya to dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi α=0,05 dengan df= n-1 = 42-1 = 41 dari daftar distribusi t adalah sebesar 2,020. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 3,17>2,020, maka hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa Model Discovery Learning Memiliki Pengaruh Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Perbaungan tahun pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 IND 113
Keywords: model discovery learning; memahami teks eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 07 Sep 2016 01:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15558

Actions (login required)

View Item
View Item