Manullang, Engelina L.P (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN CERPEN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111025 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2113111025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (716kB) | Preview
2113111025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
2113111025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2113111025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2113111025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2113111025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2113111025 BAB I.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
2113111025 BAB V.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
2113111025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Perbaungan. Populasi penelitian ini adalah 213 siswa dan sampel penelitian dilakukan terhadap 33 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Perbaungan Tahun Pembelajarn 2014/2015. Dalam penelitian ini, subjek terdiri dari satu kelompok yaitu kelas eksperimen. Pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen (pre-test) dan sesudah (post-test). Dengan desain ini, pengaruh dari eksperimen dapat diketahui pasti karena telah menggunakan tes awal. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan, kemampuan menulis teks ulasan cerpen yang menggunakan model pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2014/2015 adalah baik dengan nilai rata-rata 87,42. Kemampuan menulis teks ulasan cerpen sebelum menggunakan model pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2014/2015 adalah cukup dengan nilai rata-rata 71,81. Model pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis teks ulasan cerpen. Ini terbukti dari hasil uji t diperoleh nilai thitung > ttabel(0,05) yakni 8,67 > 2,03. Untuk itu perlunya guru bidang studi bahasa Indonesia di sekolah setempat meningkatkan pembelajaran menulis teks ulasan cerpen kepada siswa dengan menerapkan model pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) karena model pembelajaran ini terbukti berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis teks ulasan cerita pendek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 146 |
Keywords: | Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning);Kemampuan Menulis Teks Ulasan Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 01:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15554 |