Sitompul, Dian V. (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE BERPIKIR BERPASANGAN BERBAGI (THINK PAIR AND SHARE) TERHADAP KEMAMPUAN MENANGGAPI PEMBACAAN PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PAHAE JULU TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111021 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2113111021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (667kB) | Preview
2113111021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
2113111021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2113111021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
2113111021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2113111021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2113111021 BAB I.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
2113111021 BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
2113111021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Tipe Berpikir Berpasangan Berbagi terhadap kemampuan menanggapi pembacaan puisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pahae Julu tahun pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya siswa yang mengalami kesulitan dalam menanggapi pembacaan puisi. Siswa kesulitan memberikan pendapat mengenai pelafalan, intonasi, dan ekspresi pembaca ketika membacakan sebuah puisi. Kesulitan tersebut diakibatkan kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan kurangnya bimbingan serta motivasi yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran Tipe Berpikir Berpasangan Berbagi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pre-test-post-test design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pahae Julu yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 99 siswa. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Instrument atau alat pengumpul data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes essay menanggapi pembacaan puisi.Dari pengolahan data, diperoleh hasil pre test dengan rata-rata= 68.75, standard deviasi= 8.48, dengan kategori baik 32.25% dan kategori cukup 40.62%. Sedangkan hasil post test diperoleh rata-rata= 77.34, standard deviasi= 8.75, dengan kategori sangat baik 31.25%, kategori baik 34.37%, dan kategori cukup 34.37%.Dari uji data hasil pre test dan post test didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah t0 sebesar 3,94. Setelah t0 diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df=N-1=32-1=31.Dari df=31 diperoleh taraf signifikansi 5%= 2.04. karena t0 yang diperoleh lebih besar dari t tabel yaitu 3.94 >2.04, maka hipotesis alternatif (Ha)diterima.Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Tipe Berpikir Berpasangan Berbagi (Think Pair and Share) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kemampuan menanggapi pembacaan puisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pahae Julu tahun pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 175 |
Keywords: | model pembelajaran tipe berpikir berpasangan berbagi; kemampuan; menanggapi pembacaan puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 10:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15549 |