Sibarani, Dewi Lestari (2015) PENGARUH MEDIA VIDEO MY TRIP MY ADVENTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311016 COVER.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
2113311016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (679kB) | Preview
2113311016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
2113311016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
2113311016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
2113311016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
2113311016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2113311016 BAB I.pdf - Published Version
Download (645kB) | Preview
2113311016 BAB V.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
2113311016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video My Trip My Adventure terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP negeri 1 Balige. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP negeri 1 Balige dengan jumlah 121 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang diambil dengan teknik random. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah test berbertuk essay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji .Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test = 71,93, standar deviasi = 8,05 digolongkan pada kategori sangat baik 13,33%, baik = 50% dan kategori cukup = 36,66%. Nilai rata-rata post-test = 78,56 standar deviasi = 9,20 dan dikategorikan pada kategori sangat baik = 36,66% dan kategori baik = 50% dan cukup 13,33%.Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 2,93. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df= N-1, yakni 30-1=29. Dari df 29 diperoleh taraf signifikansi 5%= 2,03. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 2,93 > 2,03 dengan demikian hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media video “My Trip My Adventure� berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP negeri 1 Balige tahun pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 102 |
Keywords: | Pengaruh Media Video My Trip My Adventure; Menulis Puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 10:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15548 |