Maretta, Desy (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PANCUR BATU TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111017 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2113111017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
2113111017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
2113111017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2113111017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2113111017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2113111017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2113111017 BAB I.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
2113111017 BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2113111017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pancur Batu tahun pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 245 populasi dengan sampel 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk essai. Dari pengolahan data yang diperoleh hasil pre-test dengan nilai rata-rata = 67 standar deviasi 10,04, siswa yang berkemampuan dalam kategori sangat baik 1 orang (3.33%), kategori baik 10 orang (33,34%), kategori cukup 7 orang (23,33%), kategori kurang 9 orang (30%) dan kategori sangat kurang sebanyak 3 orang (10%). Hasil post-test dengan rata-rata = 78 standar deviasi 7,91, siswa yang berkemampuan dalam kategori sangat baik sebanyak 9 orang (30%), kategori baik sebanyak 13 orang (43,34%), kategori cukup sebanya 7 orang (23,33%), dan kategori kurang sebanya 1 orang (3,33%).Dari uji data hasil kelas pre-test dan post-test didapat kedua hasil distribusi normal. Dari uji data hasil homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapat to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=30-1=29 dari df=29 diperoleh taraf signifikan 5%=2,04, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 4,95 > 2,04 maka hipotesis alternatif (Ha)diterima.Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pancur Batu tahun pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 128 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri, Menulis Teks Berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699 Journalism. The periodical press, etc. |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 10:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15545 |