Simamora, Corsalina (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS TANGGAPAN DESKRIPTIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SIJAMAPOLANG TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111008 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2103111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2103111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
2103111008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
2103111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
2103111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
2103111008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
2103111008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2103111008 BAB I.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
2103111008 BAB V.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
2103111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif. Sampel penelitian ini berjumlah 25 orang siswa dari 103 populasi yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model one group pre-test post-test only, yang dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja tetapi dua kali diberi test. Tes yang pertama disebut pre-test, yakni sebelum mendapat perlakuan dan tes yang kedua disebut post-test, yakni setelah mendapat perlakuan model pembelajaran inkuiri. Alat atau instrumen penelitian ini adalah essay test. Analisis perolehan data dalam penelitian ini dengan menggunakan ujistatistik yaitu uji-t pada taraf signifikan 5%= 1,71. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 3,65>1,71 atau 1,71<3,65, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks tanggapan deskriptif. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat mempengaruhi kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sijamapolang tahun pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 089 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri; Menulis Teks Tanggapan Deskriptif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 10:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15539 |