Zuheyri (2015) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF JIGSAW. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan koneski matematik menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan pembelajaran biasa; 2) Mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan pembelajaran biasa; 3) Mendeskripsikan aktivitas siswa selama proses model pembelajaran kooperatif jigsaw; dan 4) Mendeskripsikan proses jawaban siswa saat menyelesaikan soal-soal koneksi dan pemecahan masalah pada saat model pembelajaran kooperatif jigsaw.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP N1 Percut Sei Tuan. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari: 1) tes kemampuan koneksi matematik; 2) tes kemampuan pemecahan masalah matematik; 3) lembar pengamatan aktivitas siswa. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes berbentuk uraian. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik nonparametrik. Analisis statistik data dilakukan dengan analisis kovarian (ANAKOVA).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan peningkatan koneksi matematik siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan pembelajaran biasa; 2) terdapat perbedaan peningkatan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan pembelajaran biasa; 3) proses jawaban siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif jigsaw lebih bervariasi dari pada proses jawaban siswa pada pembelajaran biasa; 4) aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw sangat baik dan berada pada interval toleransi yang telah ditentukan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar pembelajaran kooperatif jigsaw pada pembelajaran matematika dapat dijadikan salah satu alternative bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematik dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Zuh p |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif jigsaw; Koneksi; Pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 08:46 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 06:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1553 |