Sipayung, Rita Damayati (2015) PENGARUH PENGGUNAAN METODE SKIMMING TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA DALAM PARAGRAF ARGUMENTASI OLEH SISWA KELAS VII SMP SATRIA DHARMA PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2112111014 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2112111014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (605kB) | Preview
2112111014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
2112111014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
2112111014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
2112111014 TABLES.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2112111014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
2112111014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
2112111014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
2112111014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Penggunaan Metode Skimming terhadap Kemampuan Menemukan Gagasan Utama dalam Paragraf Argumentasi oleh Siswa Kelas VII SMP Satria Dharma Perbaungan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Satria Dharma Perbaungan sebanyak 60 orang. Sampel diambil secara keseluruhan yakni 60 orang, 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas kontrol. Desain yang dilakukan yaitu two group post-test design.Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji dengan rumus (M_x-M_y)/—_(Mx-My) Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas ekperimen dan kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengan metode pembelajaran Skimming = 81,4, standar deviasi = 10,51, dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 43,4%, kategori baik sebanyak 33,3% dan kategori cukup sebanyak 23,3%, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan metode Ceramah = 62,43 standar deviasi= 9,22 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 0%, kategori baik sebanyak 20%, kategori cukup sebanyak 56.7%, kategori kurang sebanyak 23,3% dan kategori sangat kurang sebanyak 0%. Berdasarkan hasil uji data post-test diketahui keduanya berdistribusi normal. Berdasarkan uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 7,26, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel sebesar = 2,01 pada taraf signifikan α 5% dk=(N1+N2)-2=58. Oleh karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 7,26 >2,01 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti yang empirik bahwa metode pembelajaran Skimming berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama dalam paragraf argumentasi oleh siswa kelas VII SMP Satria Dharma Perbaungan Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 050 |
Keywords: | Pengaruh; Metode Skimming; Gagasan Utama; Paragraf Argumentasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 09:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15522 |