Sihombing, Indah Oktasya (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 28 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311030 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2113311030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
2113311030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
2113311030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
2113311030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2113311030 TABLES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
2113311030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2113311030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2113311030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
2113311030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2113311030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks cerpen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 28 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 280 siswa. Sampel diambil secara acak yaitu kelas VII-1 yang berjumlah 40 siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen one grup pre-test post-test design, dengan instrumen tes esai.Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks cerpen oleh siswa kelas VII SMP Negeri 28 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 sebelum menerapkan model pembelajaran inkuiri masuk kedalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 66.37 dan standar deviasi = 7.66. Sedangkan kemapuan menulis teks cerpen oleh siswa kelas VII SMP Negeri 28 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 setelah menerapkan model pembelajaran inkuiri masuk kedalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 78.75 dan standar deviasi = 8.27. Dari uji data didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah t_0 sebesar 10.193. Selanjutnya t_0 diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df= N-1 = 40-1=39 diperoleh taraf signifikan 5% = 2.04, karena t_0 yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 10.193>2.04, artinya tolak H0, terima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks cerpen oleh siswa kelas VII SMP Negeri 28 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 023 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inukiri;Kemampuan Menulis Teks Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 08:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15514 |