ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IX SMP PADA MATERI BIOTEKNOLOGI.

Mardiana (2015) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IX SMP PADA MATERI BIOTEKNOLOGI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8126174012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8126174012 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8126174012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8126174012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8126174012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8126174012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8126174012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8126174012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8126174012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8126174012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8126174012 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8126174012 TABLES.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8126174012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8126174012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8126174012 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8126174012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8126174012 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8126174012 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8126174012 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8126174012 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8126174012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8126174012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Jumlah siswa yang tuntas pada materi Bioteknologi; (2) Menganalisis sub materi yang paling sulit dipahami siswa; (2) Menganalisis Indikator yang paling sulit dipahami; (3) Menganalisis Ranah Kognitif pada materi Bioteknologi;(4)Mendiagnosis faktor penyebab kesulitan belajar pada materi Bioteknologi. Penelitian ini bersifat diskriptif kwalitatif, populasi dari penelitian ini siswa-siswa dari 6 SMP Negeri yang ada di Kabupaten Aceh Timur, yang mewakili dari 72 SMP yang ada. Yaitu SMP Negeri A, SMP Negeri B, SMP Negeri C, SMP Negeri D, SMP Negeri E dan SMP Negeri F. Tehnik Pengambilan sampel digunakan teknik random sampel. Teknik pengumpulan data adalah instrument tes pilihan berganda untuk penguasaan materi Bioteknologi, angket dan wawancara. Data diolah dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian tes penguasaan materi Bioteknologi menunjukkan bahwa siswa yang tuntas sebanyak 70 siswa (7,86%) dari jumlah 742 siswa dan sebanyak 672 siswa tidak tuntas (92,14%). Berdasarkan sub materi siswa mengalami kesulitan 45,94% pada materi Bakteri Pengikat Nitrogen, 45,73%) pada Rekombinasi Gen, 40,85% pada Dampak Bioteknologi, 40,3% pada Kultur jaringan, 34,92% pada Protein sel tunggal, 34,92% ada pada Bioteknologi Konvensional, 36,26 pada Hidroponik dan Aeroponik. Sedangkan berdasarkan indikator 36,42% untuk membedakan Produk Bioteknologi, Konvensional, dan Modern, 36,60% pada indikator mengidentifikasi manfaat bioteknologi, 35,41% pada memberikan beberapa contoh pembuatan makanan dan minuman dengan menggunakan bioteknologi konvensional, 40,55% membuat produk bioteknologi pangan sederhana yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, 45,94% mengidentifikasi jenis bakteri yang mampu mengikat nitrogen, 40,78% mengurutkan langkah-langkah dalam pembuatan kultur jaringan, 36,85% pada mengidentifikasi proses dan keuntungan serta kerugian melakukan kultur jaringan, 35,96% pada mendiskripsikan proses dan keuntungan maupun kerugian melakukan Hidroponik, 37,65 pada mendiskripsikan proses dan keuntungan maupun kerugian melakukan aeroponik, 44,72% mengidentifikasi proses dan produk rekombinasi gen dengan sifat baru yang kita inginkan, 34,62% memahami produk dari protein Sel tunggal (PST) dan manfaatnya terhadap tubuh, 42,97% menganalisis dampak biotehnologi. ditinjau dari Ranah Kognitif kesulitan belajar siswa pada materi Bioteknologi pada C1 sebesar 25,18%, C2 sebesar 31,32 %, C3 sebesar 34,50%. C4 sebesar 46,38%, C5 sebesar 51,04%, C6 Sebesar 52,91%. Faktor internal penyebab kesulitan Belajar pada materi Bioteknologi yaitu minat sebesar 44,15%, motivasi sebesar 41,99%, Bakat 37,52%, sedangkan faktor eksternal peranan guru sebesar 37,52%, dan sarana 27,90%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 578.012 071 2 Mar a
Keywords: Kesulitan belajar siswa; Bioteknologi; Indikator; Ranah kognitif faktor-faktor kesulitan belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Apr 2016 08:36
Last Modified: 12 Apr 2016 08:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1551

Actions (login required)

View Item
View Item