Mardiana (2015) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IX SMP PADA MATERI BIOTEKNOLOGI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126174012 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM. 8126174012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
3. NIM. 8126174012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 8126174012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 8126174012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. NIM. 8126174012 TABLES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7. NIM. 8126174012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8126174012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
9. NIM. 8126174012 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
13. NIM. 8126174012 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 8126174012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Jumlah siswa yang tuntas pada materi Bioteknologi; (2) Menganalisis sub materi yang paling sulit dipahami siswa; (2) Menganalisis Indikator yang paling sulit dipahami; (3) Menganalisis Ranah Kognitif pada materi Bioteknologi;(4)Mendiagnosis faktor penyebab kesulitan belajar pada materi Bioteknologi. Penelitian ini bersifat diskriptif kwalitatif, populasi dari penelitian ini siswa-siswa dari 6 SMP Negeri yang ada di Kabupaten Aceh Timur, yang mewakili dari 72 SMP yang ada. Yaitu SMP Negeri A, SMP Negeri B, SMP Negeri C, SMP Negeri D, SMP Negeri E dan SMP Negeri F. Tehnik Pengambilan sampel digunakan teknik random sampel. Teknik pengumpulan data adalah instrument tes pilihan berganda untuk penguasaan materi Bioteknologi, angket dan wawancara. Data diolah dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian tes penguasaan materi Bioteknologi menunjukkan bahwa siswa yang tuntas sebanyak 70 siswa (7,86%) dari jumlah 742 siswa dan sebanyak 672 siswa tidak tuntas (92,14%). Berdasarkan sub materi siswa mengalami kesulitan 45,94% pada materi Bakteri Pengikat Nitrogen, 45,73%) pada Rekombinasi Gen, 40,85% pada Dampak Bioteknologi, 40,3% pada Kultur jaringan, 34,92% pada Protein sel tunggal, 34,92% ada pada Bioteknologi Konvensional, 36,26 pada Hidroponik dan Aeroponik. Sedangkan berdasarkan indikator 36,42% untuk membedakan Produk Bioteknologi, Konvensional, dan Modern, 36,60% pada indikator mengidentifikasi manfaat bioteknologi, 35,41% pada memberikan beberapa contoh pembuatan makanan dan minuman dengan menggunakan bioteknologi konvensional, 40,55% membuat produk bioteknologi pangan sederhana yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, 45,94% mengidentifikasi jenis bakteri yang mampu mengikat nitrogen, 40,78% mengurutkan langkah-langkah dalam pembuatan kultur jaringan, 36,85% pada mengidentifikasi proses dan keuntungan serta kerugian melakukan kultur jaringan, 35,96% pada mendiskripsikan proses dan keuntungan maupun kerugian melakukan Hidroponik, 37,65 pada mendiskripsikan proses dan keuntungan maupun kerugian melakukan aeroponik, 44,72% mengidentifikasi proses dan produk rekombinasi gen dengan sifat baru yang kita inginkan, 34,62% memahami produk dari protein Sel tunggal (PST) dan manfaatnya terhadap tubuh, 42,97% menganalisis dampak biotehnologi. ditinjau dari Ranah Kognitif kesulitan belajar siswa pada materi Bioteknologi pada C1 sebesar 25,18%, C2 sebesar 31,32 %, C3 sebesar 34,50%. C4 sebesar 46,38%, C5 sebesar 51,04%, C6 Sebesar 52,91%. Faktor internal penyebab kesulitan Belajar pada materi Bioteknologi yaitu minat sebesar 44,15%, motivasi sebesar 41,99%, Bakat 37,52%, sedangkan faktor eksternal peranan guru sebesar 37,52%, dan sarana 27,90%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 578.012 071 2 Mar a |
Keywords: | Kesulitan belajar siswa; Bioteknologi; Indikator; Ranah kognitif faktor-faktor kesulitan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 08:36 |
Last Modified: | 12 Apr 2016 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1551 |