Dayanti, Yulaika Tri (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111099 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
21131110999 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
2113111099 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
2113111099 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2113111099 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
2113111099 TABLES.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
2113111099 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2113111099 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2113111099 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
2113111099 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
2113111099 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 278 orang dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah 30 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian one group pre-test post-test. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah eksperimen. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test 64,9, standar deviasi 7,10, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 60 sebanyak 5 orang atau sekitar 16,67 %. Nilai rata-rata post-test 83,6, standar deviasi 6,73, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 88 sebanyak 5 orang atau sekitar 16,67. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diketahuilah t0 sebesar 10,33. Selanjutnya, t0 dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,04. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui to > ttabel, yakni 10,33 > 2,04. Dengan demikian, Ho (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 016 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Menulis Teks Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 08:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15509 |