Purba, Devi Sainar (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 RAYA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111020 COVER.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
2113111020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2113111020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
2113111020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
2113111020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
2113111020 TABLES.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
2113111020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2113111020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2113111020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
2113111020 BOBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan menulis teks drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Raya tahun pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group post-test only design. Penelitian ini mengujicobakan model pembelajaran kemudian mengetahui perbedaan penggunaannya atau meninjau pengaruhnya dari hasil belajar siswa.Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Raya yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa 281 orang. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 32 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah secara random sampling. Untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes esei menulis teks drama.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, kemampuan menulis teks drama sebelum menggunakan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Raya tahun pembelajaran 2014/2015 adalah cukup dengan nilai rata-rata 64,37. Kemampuan menulis teks drama setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Raya tahun pembelajaran 2014/2015 adalah baik dengan nilai rata-rata 80,15. Selanjutnya, hasil uji “t� diperoleh nilai = 7,73. Dan setelah dikonsultasikan dengan pada taraf signifikansi 0,05 = 2,00 dengan dk = (N+N) – 2= 61, karena > yaitu 7,73 > 2,00 maka hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks drama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 055 |
Keywords: | discovery learning; Menulis Teks ; Teks Drama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15500 |