Sipayung, Sahna (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MERINGKAS TEKS HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEI BAMBAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103311040 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2103311040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (878kB) | Preview
2103311040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
2103311040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2103311040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
2103311040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
2103311040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2103311040 BAB I.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
2103311040 BAB V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
2103311040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan meringkas teks hasil observasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 292 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas VII-4 yang berjumlah 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes esai. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan meringkas teks hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pembelajaran 2014/2015 sebelum menggunakan model pembelajaran inkuiri di kelas eksperimen masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 62,25, standar deviasi = 10,83 sedangkan kemampuan meringkas teks hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pembelajaran 2014/2015 sesudah menggunakan model pembelajaran inkuiri masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 80, standar deviasi = 7,94. Dari uji data didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 8,29. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=40-1=39 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,02, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 8,29 > 2,02, maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan berdasarkan penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan meringkas teks hasil observasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.071 2 Sip p |
Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri; Teks Hasil Observasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15489 |