PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SIDAMANIK TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015.

Siallagan, Lasenna (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SIDAMANIK TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2113111044 COVER.pdf]
Preview
Text
2113111044 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2113111044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2113111044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (733kB) | Preview
[thumbnail of 2113111044 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2113111044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 2113111044 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2113111044 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 2113111044 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
2113111044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 2113111044 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
2113111044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 2113111044  DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
2113111044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 2113111044  BAB I.pdf]
Preview
Text
2113111044 BAB I.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[thumbnail of 2113111044 BAB V.pdf]
Preview
Text
2113111044 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 2113111044 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
2113111044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap kemampuan menganalisis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sidamanik Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sidamanik Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 304 siswa. Sampel penelitian ini terdiri atas 35 siswa yang diambil secara teknik random. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain eksperimen one group pre-test post-test design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas saja. Pengukuran data dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum ekperimen disebut pre-test dan sesudah eksperimen disebut post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menganalisis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata siswa 68,57 dan sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata siswa 76,57. Selanjutnya hasil dari pengujian hipotesis melalui perhitungan uji “t diperoleh to > ttabel yaitu 1,99<3,15>2,65 pada taraf signifikan &#945; = 0,05. Perhitungan uji hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menganalisis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sidamanik Tahun Pembelajaran 2014/2015.Dengan demikian, hasil pembelajaran menganalisis teks laporan hasil observasi sesudah menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) lebih baik dari hasil pembelajaran sebelum menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 801.071 2 Sia p
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Teks Laporan Hasil Observasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 06 Sep 2016 06:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15480

Actions (login required)

View Item
View Item