Yuningsih, Jupri (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS TANGGAPAN DESKRIPTIF OLEH SISWA KELAS VII SMP SWASTA SINAR HUSNI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2102111015 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2102111015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (756kB) | Preview
2102111015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
2102111015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
2102111015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
2102111015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2102111015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
2102111015 BAB I.pdf - Published Version
Download (601kB) | Preview
2102111015 BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
2102111015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan mengidentifikasi teks tanggapan deskriptif oleh siswa kelas VII SMP Swasta Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 120 orang dan sampelnya adalah siswa kelas VII-1 dengan jumlah siswa 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test dan post-test design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis (uraian) dalam bentuk penugasan mengidentifikasi teks tanggapan deskriptif berupa identifikasi, klasifikasi/definisi dan deskripsi bagian. Dari hasil pengolahan data yang diperoleh dengan nilai rata-rata pre-test adalah 66,13 dan standar deviasi adalah 6,87. Sedangkan, nilai rata-rata post-test adalah 78,55 dan standar deviasi adalah 7,39. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pre-test. Dengan kata lain, ada peningkatan hasil nilai rata-rata siswa sebelum menerapan model pembelajaran inkuiri (pre-test) dan setelah menerapan model pembelajaran inkuiri (post-test).Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t. Dari hasil perhitungan pengujian hipotesis diperoleh thitung = 7,71. Selanjutnya, dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan dk= n-1 = 39. Pada tabel t dengan dk=39 diperoleh ttabel =2,72 . Kriteria pengujian menyatakan bahwa (Ha) diterima jika thitung > ttabel yaitu 7,71 > 2,72, maka dapat dinyatakan HO (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis aternatif) diterima.Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi teks tanggapan deskriptif oleh siswa kelas VII SMP Swasta Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Yun p |
Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri; Teks Tanggapan Deskriptif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 06:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15479 |