Utami, Elsya Fitri (2015) PENGARUH PENGUASAAN STRUKTUR TEKS DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311021 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2113311021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
2113311021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
2113311021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
2113311021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
2113311021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2113311021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2113311021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2113311021 BAB I.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
2113311021 BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
2113311021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh: (1) struktur teks dengan kemampuan menulis teks biografi ; (2) ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks biografi; serta (3) penguasaan struktur teks dan ciri kebahasaan secara bersama-sama dengan kemampuan menulis teks biografi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Swasta Dharma Pancasila Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Dharma Pancasila Medan. Sampel yang digunakan sebanyak 40 siswa yang diambil dengan teknik random sampling.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif penguasaan struktur teks (X1) terhadap kemampuan menulis teks biografi (Y) didapat dari hasil korelasi product moment dengan ɑ= 0,05 sebesar 60,76% yang mengartikan bahwa pengaruh tersebut kuat. (2) terdapat pengaruh positif penguasaan ciri kebahasaan (X2) terhadap kemampuan menulis teks biografi (Y) yang didapat dari korelasi product moment dengan ɑ= 0,05 sebesar 60,98% yang mengartikan bahwa pengaruh tersebut kuat. Pengaruh tersebut dipertegas dengan Sumbangan Relatif (SR) dari variabel struktur teks (X1) ke kemampuan menulis teks biografi (Y) sebesar 49,74%. Sedangkan Sumbangan Relatif (SR) dari variabel ciri kebahasaan (X2) ke kemampuan menulis teks biografi sebesar 50,26%. (3) terdapat pengaruh positif antar struktur teks (X1) dan ciri kebahasaan (X2) dengan kemampuan menulis biografi (Y) yang diuji melalui regresi ganda maka hasilnya adalah Y= 77,85+ 2,29X1+ 1,08X2. Berdasar pada hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penguasaan struktur teks dan ciri kebahasaan menjadi penentu keberhasilan dalam kemampuan menulis teks biografi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 809.935 712 Uta p |
Keywords: | Penguasaan struktur teks; penguasaan ciri kebahasaan; dan kemampuan menulis teks biografi; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15478 |
Available Versions of this Item
- PENGARUH PENGUASAAN STRUKTUR TEKS DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. (deposited 02 Sep 2016 04:13) [Currently Displayed]