Purba, Berry Anita (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI I DOLOK PANRIBUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103311003 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2103311003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
2103311003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
2103311003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2103311003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
2103311003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
2103311003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2103311003 BAB I.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
2103311003 BAB V.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
2103311003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dolok Panribuan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 145 orang siswa. Sampel diambil secara acak yaitu kelas VII B yang berjumlah 35 orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan instrument tes esai. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dolok Panribuan Tahun Pembelajaran 2014/2015 sebelum menggunakan model pembelajaran discovery learning masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 65,57 standar deviasi = 8,96 sedangkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dolok Panribuan Tahun Pembelajaran 2014/2015 sesudah menggunakan model discovery learning masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 79,42 standar deviasi = 8,13. Dari uji data didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 6,72. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=35-1=34 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,03, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 6,72> 2,03, maka hipotesis diterima.Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan strategi pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dolok Panribuan Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Pur p |
Keywords: | Model Pembelajaran discovery learning; Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 06:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15476 |