Cleopatra, Saskya Veronika (2014) KORELASI PENGUASAAN TEORI BERBICARA DI DEPAN UMUM DENGAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS VII SMP SWASTA GAJAH MADA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209111074 COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
209111074 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
209111074 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
209111074 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
209111074 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
209111074 TABLES.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
209111074 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
209111074 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
209111074 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
209111074 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi penguasaan teori berbicara di depan umum dengan kemampuan bercerita siswa kelas VII SMP Swasta Gajah Mada Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Sampel penelitian berjumlah 36 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random Sampling). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data penelitian dengan mengadakan tes, yaitu tes pilihan ganda berjumlah 30 soal. Ke-30 soal tersebut mengenai urutan yang baik, kenyaringan suara, ketepatan pengucapan, intonasi, gesture, dan mimik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif korelasional. Berdasarkan pengolahan data, penguasaan teori berbicara di depan umum memiliki nilai rata-rata 55,83 dan kemampuan bercerita dengan rata-rata 67,55. Kemudian dilakukan uji persyaratan analisis, berdasarkan uji normalitas, penguasaan teori berbicara di depan umum memiliki sig = 0,924 dan kemampuan bercerita sig = 0,520. Jadi, dapat dinyatakan bahwa kedua variabel berdistribusi normal karena sig > α (0,05). Kemudian, berdasarkan uji linieritas diperoleh sig = 0,500 maka dinyatakan bahwa kedua variabel linier karena sig > α (0,05). Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan ketentuan tolak Ha jika r hitung < r tabel dan terima Ha jika r hitung > r tabel. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh r hitung sebesar -0,067 dan r tabel sebesar 0,329. Dengan demikian, r hitung < r tabel maka Ha ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara penguasaan teori berbicara di depan umum dengan kemampuan bercerita siswa kelas VII SMP Swasta Gajah Mada Tahun Pembelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.307 Cle k |
Keywords: | Penguasaan; Teori berbicara; Kemampuan bercerita; Menceritakan pengalaman; Manfaat bercerita. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 04:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15458 |