Pandia, Silpika (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE RESITASI TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS PIDATO OLEH SISWA KELAS X SMA SWASTA SANTA MARIA KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103311043 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2103311043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
2103311043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
2103311043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
2103311043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
2103311043 TABLES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2103311043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2103311043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
2103311043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
2103311043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran manakah yang lebih efektif antara metode pembelajaran resirasi atau metode pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan menyusun teks pidato. Populasi penelitian ini berjumlah 188 siswa SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe. Sampel diambil secara random, yaitu kelas eksperimen 40 siswa dan kelas kontrol 40 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen posttest only control group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes kemampuan menyusun teks pidato.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh kelas eksperimen memiliki rata-rata 76,25, standar deviasi 9,20 dan termasuk dalam tiga kategori, yaitu kategori sangat baik sebanyak 20%, kategori baik sebanyak 57,5%, kategori cukup sebanyak 22,5%. Kelas kontrol memiliki rata-rata 69,87, standar deviasi 10,40 dan termasuk dalam empat kategori, yaitu kategori sangat baik sebanyak 10%, kategori baik sebanyak 42,5%, kategori cukup sebanyak 32,5%, kategori kurang sebanyak 15%. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 3,60, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dimana dk = n1 – 1 + n2 – 1= 40-1 + 40-1 =78 diperoleh ttabel = 2,65 sehingga thitung > ttabel (0,05), yakni 3,60> 2,65. Perhitungan uji hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti empirik bahwa kemampuan menulis karangan narasi yang diajarakan dengan menggunakan metode resitasi lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.510 712 Pan e |
Keywords: | Metode resitasi; Pidato; Efektivitas; Metode konvensional; Jenis pidato. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P95 Oral communication. Speech P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15456 |