Silalahi, Nurtani (2014) PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BERBALAS PANTUN SISWA KELAS X SMA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2102111022 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2102111022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
2102111022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
2102111022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2102111022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2102111022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2102111022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2102111022 BAB I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
2102111022 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2102111022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing terhadap kemampuan siswa dalam berbalas pantun siswa kelas X SMA Parulian 2 Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Parulian 2 Medan sebanyak 159 orang. Sampel diambil sebanyak 80 orang, 40 orang untuk kelas eksperimen dan 40 orang untuk kelas kontrol.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah unjuk kerja berbalas pantun. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 85,63 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 63,62. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpantun di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,92, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = (N1 +N2) - 2 = 78. Pada tabel t dengan df = 78 diperoleh ttabel pada taraf signifikansi 5% = 1,99. Kriteria pengujian menyatakan bahwa Ha diterima jika thitung> ttabel (4,92>1,99), maka hipotesis alternatif diterima yang menyatakan model role playing memiliki pengruh terhadap kemampuansiswa dalam berbalas pantun
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.107 12 Sil p |
Keywords: | Model pembelajaran; Role playing; Kemampuan berbalas pantun. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15451 |