Nely, Arma (2014) PENGARUH MODEL GAMBAR DAN GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GEBANG TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2102111004 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2102111004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (926kB) | Preview
2102111004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2102111004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
2102111004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
2102111004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2102111004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2102111004 BAB I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
2102111004 BAB V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
2102111004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model gambar dan gambar terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Gebang tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Gebang sebanyak 215 orang. Adapun persentase sampel diambil sebanyak 14 % dari keseluruhan siswa atau 30 orang, dan diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test-post-test design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja dalam bentuk penugasan menulis teks eksposisi. Dari hasil pengolahan data yang di dapat dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 62,63 dan standar deviasi adalah 9,5. Sedangkan, nilai rata-rata post-test adalah 77,53 dan standar deviasi dalah 7,48. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pre-test. Dengan kata lain, ada peningkatan hasil nilai rata-rata siswa sebelum penerapan model gambar dan gambar (pre-test) dan sesudah penerapan model gambar dan gambar (post-test).Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t’. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh t_hitung = 16,93 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% (0,05) dengan dk= n-1 = 29. Pada tabel t dengan dk=29 diperoleh t_tabel=2,04 . Kriteria pengujian menyatakan bahwa (Ha) diterima jika t_hitung > t_tabel yaitu 16,93 > 2,04, maka hipotesis alternatif diterima yang menyatakan model gambar dan gambar berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu menulis teks eksposisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Nel p |
Keywords: | model gambar; kemampuan menulis; teks eksposisi; konseptual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15448 |