Pardede, Florenta Winda H (2014) PENGARUH METODE KARYAWISATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP SWASTA YAPENDAK TINJOWAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111025 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2103111025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (656kB) | Preview
2103111025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2103111025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2103111025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2103111025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2103111025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2103111025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2103111025 BAB I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
2103111025 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
2103111025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh metode karyawisata dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Swasta Yapendak Tinjowan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Yapendak Tinjowan dengan jumlah 162 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang diambil secara acak sederhana. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan berupa tes esai menulis puisi Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test = 59,06, standar deviasi = 8,74, digolongkan pada kategori baik = 16,67%, kategori cukup = 60 % dan kategori kurang = 23,33%. Nilai rata-rata post-test = 78,40, standar deviasi = 7,77 dan dikategorikan pada kategori sangat baik = 13,33%, baik = 76,67% dan cukup = 10 %. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 8,9. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df = N-1, yakni 30-1 = 29. Dari df 30 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,04. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 8,9 > 2,04 dengan demikian hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode karyawisata berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Swasta Yapendak Tinjowan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.107 1 Par p |
Keywords: | Metode Karyawisata; Menulis; Puisi; Diksi; Citraan; Bahasa Kias |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15446 |