Ginting, Dewi Agus Fernita Br (2014) PENGARUH METODE MENULIS CEPAT DENGAN BANTUAN TIGA KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN BERBASIS BUDAYA KARO OLEH SISWA KELAS X SMA MASEHI GBKP BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111014 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2103111014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
2103111014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
2103111014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2103111014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
2103111014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
2103111014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
2103111014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
2103111014 BAB I.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
2103111014 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
2103111014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode menulis cepat dengan bantuan tiga kata dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen berbasis budaya Karo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Masehi GBKP Berastagi dengan jumlah 217 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 43 siswa yang diambil secara homogen dengan sampling acak. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes menulis cerpen bebasis budaya Karo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya pre-experimental design dengan one-group pretest-posttest design. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pretest = 65.93, standar deviasi = 7.64 digolongkan pada kategori sangat baik = 2%, kategori baik = 40%, kategori cukup = 56%, dan kategori kurang = 2%. Nilai rata-rata posttest = 74.88, standar deviasi = 8,59 dan dikategorikan pada kategori sangat baik = 16%, baik = 63%, dan kategori cukup = 21%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pretest dan posttest dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 10.44. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df= N-1, yakni 43-1=42. Dari df 42 diperoleh taraf signifikansi 5%= 2,02. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 10.44 > 2,02 dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode menulis cepat dengan bantuan tiga kata berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis cerpen berbasias budaya Karo pada siswa kelas X SMA Masehi GBKP Berastagi tahun pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.307 12 Gin p |
Keywords: | Metode Menulis Cepat; Menulis Cerpen Berbasis Budaya Karo |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15445 |