Tiawarman, Hadi (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 AIR PUTIH KABUPATEN BATU BARA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2102111010 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2102111010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
2102111010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
2102111010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2102111010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2102111010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2102111010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2102111010 BAB I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
2102111010 BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2102111010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model aktif tipe take and give dalam menulis surat resmi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Air Putih Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Air Putih yang berjumlah 215 orang. Sementara sampel penelitian yang diambil secara acak kelas (cluster random sampling). Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 dijadikan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni membandingkan dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan metode take and give dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan metode ceramah. Dari distribusi data yang diperoleh, diketahui kelas X (kelas eksperimen) memiliki rata-rata 76,5 dengan standar deviasi sebesar 11,14 sementara kelas Y (kelas kontrol) memiliki rata-rata 66,3 dengan standar deviasi sebesar 10,34. Nilai t, thitung = 3,795, ttabel 1 %= 2,39 dan ttabel 5%= 1,67, karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 3,795 < 2,39 dan 3,795 > 1,67 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks pidato menggunakan metode take and give memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan metode ceramah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Air Putih Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.607 12 Tia p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Surat; Ejaan yang Disempurnakan; Surat Resmi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15444 |