Pohan, Eli Yulidar br. (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS RESENSI CERPEN OLEH SISWA KELAS XI SMA PERSIAPAN STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111017 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2103111017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (625kB) | Preview
2103111017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
2103111017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2103111017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
2103111017 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2103111017 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2103111017 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
2103111017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
2103111017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
2103111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Learning Terhadap Kemampuan Menulis Resensi Cerpen Oleh Siswa Kelas XI SMA Persiapan Stabat Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah 152 orang dan dan sampel penelitian dilakukan terhadap 80 siswa kelas XI SMA Persiapan Stabat Tahun Pembelajaran 2013/2014.Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random. Selanjutnya sampel dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu 40 siswa kelompok eksperimen (model pembelajaran Collaborative Learning) dan 40 siswa kelompok kontrol (model pembelajaran konvensional).Hasil penelitian disimpulkan, kemampuan menulis resensi cerpen yang menggunakan model pembelajaran Collaborative Leraning pada siswa kelas XI SMA Persiapan Stabat Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah baik dengan nilai rata-rata 74,5. Kemampuan menulis resensi cerpen yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMA Persiapan Stabat Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah cukup dengan nilai rata-rata 66,8. Model pembelajaran Collaborative Learning berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis resensi cerpen. Ini terbukti dari hasil uji t diperoleh nilai thitung > ttabel(0,05), yakni 3,89 > 2,00.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.307 12 Poh p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Pembelajaran Collaborative Learning; Model Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15443 |