Rizqi, Miftah (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. BAB I.pdf - Published Version
Download (838kB) | Preview
12. BAB V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan pembelajaran tradisional, (2) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kualuh Selatan dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan pembelajaran tradisional, (3) mengetahui susunan/proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah terkait dengan kemampuan koneksi dan komunikasi matematika siswa Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kualuh Selatan dan sampelnya adalah: siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Kualuh Selatan sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kualuh Selatan sebagai kelas experimen. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) Adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) Proses penyelesaian masalah jawaban siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran biasa. Peneliti menyarankan: (1) Agar model pembelajaran berbasis masalah menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan koneksi dan komunikasi matematis siswa (2) Perangkat pembelajaran dipersiapkan secara matang serta disesuaikan dengan indikator kemampuan dan alokasi waktu yang harus dicapai (3) Agar selektif dalam memilih materi yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah karena tidak semua materi cocok diterapkan dengan pembelajaran berbasis masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.150 712 Riz p |
Keywords: | Model pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan koneksi matematis; Kemampuan komunikasi matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 07:33 |
Last Modified: | 06 Apr 2016 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1544 |