Panggabean, Vera Admadina (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE MODELLING THE WAY (MEMBUAT CONTOH PRAKTIK) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK DRAMA OLEH SISWA KELAS VIII SMP N 2 PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2101111020 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2101111020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (713kB) | Preview
2101111020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
2101111020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2101111020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2101111020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2101111020 DAFTRA GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2101111020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2101111020 BAB I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
2101111020 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2101111020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Modelling The Way (Membuat Contoh Praktik) terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik drama oleh siswa kelas VIII SMP N 2 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah selutuh kelas VIII SMP N 2 Perbaungan sebanyak 388 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes menganalisis unsur intrinsik drama. Nilai rata-rata post-test adalah 74,62, sedangkan untuk pre-test adalah 62,75. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menganalisis unsur intrinsik drama siswa setelah perlakuan (post-test) lebih tinggi daripada sebelum perlakuan (pre-test). Pengujian hipotesis diperoleh thitung = 4,56, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% = 2,02. Karena thitung = 4,56 > ttabel = 2,02 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Modelling The Way (Membuat Contoh Praktik) mempengaruhi menganalisi unsur intrinsik drama siswa kelas VIII SMP N 2 Perbaungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.207 12 Pan p |
Keywords: | drama; model pembelajaran; active learning; modelling the way; unsur intrinsik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15437 |