Astuti, Dewi (2014) EFEKTIVITAS METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (BERBAGI PRESTASI SEBAGAI TIM) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM CERPEN “PAROMPA SADUN KIRIMAN IBU” KARYA HASAN AL BANNA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TELUK MENGKUDU TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2101111002 COVER.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
2101111002 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
2101111002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
2101111002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
2101111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
2101111002 TABLES.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
2101111002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2101111002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2101111002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
2101111002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
2101111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode Student Teams Achievement Division (Berbagi Prestasi Sebagai Tim) terhadap kemampuan memahami nilai-nilai multicultural dalam cerpen “Parompa Sadun Kiriman Ibu” karya Hasan Al Banna siswa kelas XI SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 320 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 orang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakanadalah tes memahami nilai-nilai multikultural cerpen dalam bentuk pilihan berganda. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah70,25 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 63,63. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai tes kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dengan rumus:t0 =Berdasarkan analisis data menggunakan uji “t” diperoleh thitung 2,73, selanjutnya dikonsultasikan dengan taraf signifikan 5% atau dengan df = (N1 + N2) – 2 = 78. Pada tabel t dengan df = 78 diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,39. Kriteria pengujian menyatakan bahwa hipotesis diterima jika thitung > ttabel yaitu 2,73 > 2,39, maka hipotesis hipotesis penelitian yang diajukan yakni ada perbedaan hasil belajar memahami nilai-nilai multikultural cerpen dengan menggunakan metode Student Teams Achievement Division (Berbagi Prestasi Sebagai Tim) dan hasil belajar dengan menggunakan metode Ekspositori dalam meningkatkan kemampuan memahami nilai-nilai multikultural cerpen. Dan hasil belajar memahami nilai-nilai multikultural cerpen dengan menggunakan metode Student Teams Achievement Division (Berbagi Prestasi Sebagai Tim) lebih baik daripada hasil belajar dengan menggunakan metode Ekspositori
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.307 12 Ast e |
Keywords: | efektivitas; metode pembelajaran; metode ekspositori; multikultural; hakikat cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15434 |