PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS X SMA SWASTA BAYU PERTIWI SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2013 / 2014

Mutiara, Maya (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS X SMA SWASTA BAYU PERTIWI SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2013 / 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 209311023 COVER.pdf]
Preview
Text
209311023 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 209311023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
209311023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of 209311023 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
209311023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 209311023 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
209311023 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 209311023 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
209311023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 209311023 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
209311023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 209311023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
209311023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 209311023 BAB I.pdf]
Preview
Text
209311023 BAB I.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of 209311023 BAB V.pdf]
Preview
Text
209311023 BAB V.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 209311023 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
209311023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan wahana penyalur atau wadah pesan pembelajaran. Salah satu cara didalam pembelajaran yang dapat menambah inspirasi siswa dalam membuat karangan deskripsi adalah penggunaan media didalam pembelajaran. oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi oleh siswa kelas X SMA Swasta Bayu Pertiwi Sunggal Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain two group Pos-test, Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Swasta Bayu Pertiwi Sunggal Tahun Pembelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan penggunaan media gambar, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional yaitu model pembelajaran langsung. Masing-masing kelas sebanyak 30 siswa. Data penelitian ini diperoleh dari penilaian hasil karangan deskripsi siswa. Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan media gambar diperoleh rata-rata Pre-test 25,33 dengan standard deviasi 6,94 dan nilai rata-rata Post-test 72,5 dengan standard deviasi 12,088. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata Pre-test 24 dan standard deviasi 6,87 sedangkan rata-rata Post-test 64 dengan standard deviasi 10,78. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji thitung adalah 2,88 sedangkan ttabel adalah 2,002 pada taraf nyata 0,05 artinya 95% Ha diterima dan 5% Ho ditolak dimana thitung > ttabel (thitung 2,88 > ttabel 2,002). Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang berarti dari penggunaan media gambar secara signifikan terhadap hasil karangan deskripsi siswa kelas X SMA Swasta Bayu Pertiwi Sunggal Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 808.060 712 Mut p
Keywords: menulis; karangan deskripsi; jenis media; Media Gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 06 Sep 2016 03:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15430

Actions (login required)

View Item
View Item