Maharaja, Dina Ermawati (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PRAKTEK BERPASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111015 COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
2103111015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
2103111015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2103111015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2103111015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
2103111015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
2103111015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
2103111015 BAB I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
2103111015 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
2103111015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Praktek Berpasangan terhadap kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 354 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 30 orang dari jumlah populasi sebanyak 144 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara random denagan undian. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksprimen semu atau Quasi eksperiment. Dari pengelolahan data diperoleh nilai rata-rata pretes = 67,83 , standar deviasi = 6,79, dan standar error = 1,26 dan termasuk kedalam 3 kategori yaitu termasuk kategori baik sebanyak 10 siswa atau 30%, kategori cukup sebanyak 16 siswa atau 60%, dan kategori kurang sebanyak 4 siswa atau 10%. Berdasarkan uji normalitas,hasil pretes dan poetest dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, maka diketahui to sebesar. Setelah t0 diketahui, maka nilai tersebut akan dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan dk = N – 1= 30- 1 = 29 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 1,658. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui t0 > ttabel, yaitu 7,09 > 1,66 . Dengan demikian H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima.Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran praktek berpasangan berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis paragraf eksposisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.060 712 Mah p |
Keywords: | model pembelajaran praktek berpasangan; paragraf eksposisi; menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15427 |