Sulistia, Nova (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP DHARMA PATRA PANGKALAN BERANDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2102111020 COVER.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
2102111020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
2102111020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
2102111020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
2102111020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
2102111020 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2102111020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
2102111020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
102111020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
2102111020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran manakah yang lebih efektif antara model SETS atau model Konvensional dalam meningkatkan kemampuan menulis naskah drama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Dharma Patra Pangkalan Berandan dengan jumlah 150 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa yang diambil secara homogen dengan random posttest only control group design . Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes kemampuan menulis naskah drama.Dari pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas ekperimen dan kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengan model SETS = 80,5, standar deviasi=8,5, dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 40%, kategori baik sebanyak 53,33% dan kategori cukup sebanyak 6,67%. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan model konvensional = 69,33, standar deviasi=7,92 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 10%, kategori baik sebanyak 53,33%, kategori cukup sebanyak 36,67%. Dari hasil uji data post-test diketahui keduanya berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 5,21, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dimana dk = n1 – 1 + n2 – 1= 30-1 + 30-1 = 58 diperoleh ttabel = 2,00 sehingga thitung > ttabel (0,05), yakni 5,21 > 2,00. Oleh karena itu, hipotesis alternatif (Ha) diterima.Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti empirik bahwa kemampuan menulis naskah drama yang diajarkan dengan menggunakan model SETS (Science Environment Technology and Society) lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan model konvensional oleh siswa kelas VIII SMP Dharma Patra pangkalan Berandan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.207 12 Sul e |
Keywords: | naskah drama; model pembelajaran konvensional; model pembelajaran SETS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15424 |