Sinaga, Andin Nur (2014) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COPY THE MASTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/201. Undergraduate thesis, UNIMED.
209111003 COVER.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
209111003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
209111003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
209111003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
209111003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
209111003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
209111003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
209111003 BAB I.pdf - Published Version
Download (796kB) | Preview
209111003 BAB V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
209111003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran copy the master terhadap kemampuan menulis cerpen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 276 orang. Dari 276 orang tersebut, ditetapkan 80 orang sebagai sampel penelitian. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model desain penelitian Two Group Posttest Only Design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis cerpen dalam bentuk esai.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji ”t” dengan rumus:to = Berdasarkan pengolahan data diperoleh nilai raat-rata kelas eksperimen= 73,12, standar deviasi=12,38, dan termasuk kategori sangat baik 27,5%, kategori baik 37,5%, kategori cukup 30% kategori kurang = 5%. Sedangkan pada kelas kontrol, nilai rata-rata 63,75, standar deviasi = 10,94 dan termasuk dalam kategori sangat baik = 2,5%, kategori baik 35%, kategori cukup 43,5%, kategori kurang 20%.Dari analisis data menggunakan uji “t” diperoleh t0 = 4,85, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5 % = 1,99 dan 1% = 2,64 dengan df=38-1=37. Pada table “t” dengan df 37 diperoleh taraf signifikan 5%= 2,03 dan pada taraf signifikasi 1% = 2,72, maka dapat diketahui t0 > ttabel, yakni 2,03 < 7,86 > 2,72. Dengan demikian H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Hal ini berarti metode pembelajaran copy the master berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.830 712 Sin p |
Keywords: | pembelajaran copy the master; kemampuan menulis; cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15422 |