Sitompul, Khatarina F. (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENEMUKAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN ”BERSIAP KECEWA BERSEDIH TANPA KATA-KATA” KARYA PUTU WIJAYA OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MEREK TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111036 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2103111036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
2103111036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2103111036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2103111036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2103111036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
2103111036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2103111036 BAB I.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
2103111036 BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2103111036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kuranng efektifnya model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menemukan unsur-unsur intrinsik cerpen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dan hasil belajar siswa dalam menemukan unsur-unsur intrinsik cerpen “Bersiap Kecewa Bersedih Tanpa Kata-Kata” karya Putu Wijaya dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Merek tahun pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Merek di jalan besar Merek – Saribudolok tahun pembelajaran 2013/2014. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan VII-3 yang masing-masing berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dalam menemukan unsur-unsur intrinsik cerpen “Bersiap Kecewa Bersedih Tanpa Kata-Kata” karya Putu Wijaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) diperoleh ketuntasan belajar 28 orang (80%) dan yang belum tuntas sebanyak 7 orang (20%), dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60 sehingga diperoleh nilai rata-rata 81,71. Sedangkan menggunakan model pembelajaran ceramah diperoleh ketuntasan belajar sebanyak 19 orang (54,28%) dan yang belum tuntas sebanyak 16 orang (45,72%), dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 55 sehingga diperoleh nilai rata-rata 74,71. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) efektif pada standar menemukan unsur-unsur intrinsik cerpen “Bersiap Kecewa Bersedih Tanpa Kata-Kata” karya Putu Wijaya di kelas VII SMP Negeri 1 Merek tahun pembelajaran 2013/2014. Hal ini berarti model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) efektif digunakan sebagai alternatif dalam menemukan unsur-unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Merek tahun pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.307 12 Sit p |
Keywords: | efektivitas; pengertian pembeljaran; model pembelajaran Students Teams Achievement Division |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 01:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15408 |